Langkah – Langkah Teknik Sablon Yang Dikerjakan Oleh Amanah Garment  

Langkah – Langkah Teknik Sablon Yang Dikerjakan Oleh Amanah Garment  

Amanah garment – Memilih metode cetak screen sablon ini masih diandalkan saat ini. Meskipun kenyataannya memang sudah ada solusi digital yang cukup mudah dan praktis. Apalagi untuk teknik manual butuh ketepatan langkah kerja. Sehingga semisal proses cetak ini bisa dilakukan tanpa memiliki alat screen. Nah, begitu juga anda membutuhkan keterampilan tangan penyablon saat menggunakan benda ini. Sehingga lantas mengapa pekerja sablon ini masih tertarik memilih screen manual ketimbang digital. Tentu saja hal ini mempertimbangkan keuntungan maupun kelemahan sistem kerjanya. Bagi pemula ini dapat menentukan metode yang di rasa sesuai kemampuan.

6 Langkah Teknik Sablon Yang Dikerjakan Oleh Amanah Garment

Jika memang anda ingin mengejar waktu yang cukup tepat. Maka anda bisa transfer digital boleh anda jadikan pilihan. Cukup untuk memfungsikan komputer, printer berisi tinta, serta lembaran ketas. Selain itu sebaliknya jika waktu ini cukup fleksibel sehingga cetakan ini sendiri bisa sekaligus banyak. Maka anda bisa memilih sablon manual. Jika dikerjakan secara manual memang tersimpan keuntungan tersendiri. Meski peralatan sederhana tetapi biaya produksi ini lebih kecil. Berikut ini langkah – langkah teknik sablon yang perlu anda tahu diantaranya:

  1. Persiapkan perangkat kerja

Langkah pertama yang harus anda persiapkan dalam melakukan teknik sablon ini. Yakni dengan mempersiapkan perangkat kerja. Perangkat kerja ini ada bahan kain sablon, meja sablon. Rakel dll. Rakel ini dipergunakan untuk penggerus zat warna dari screen ke permukaan kain. Atau sablon yang siap untuk di cetak. Untuk alat ini terbuat dari kayu dengan bagian ujung berbahan karet. Selain itu juga mempersiapkan heat gun memiliki fungsi untuk mempercepat pengeringan tinta sablon.

  1. Perancangan desain

Tahap kedua teknik sablon ini adalah perancangan desain. Tahap ini digunakan untuk memvisualisasikan ide – ide desain sesuai kreativitas pribadi.

  1. Persiapan alat cetak utama

Nah, untuk tahap ketiga persiapan alat cetak utama. Yakni berupa tinta dan layar screen gasa.

  1. Teknik percetakan perakelan

Untuk tahap keempat ini untuk teknik sablon ada teknik percetakan perakelan. Dimana proses mentransfer tinta ke permukaan media sablon. Yakni melalui hantaran kain saring screen. Dimana terdapat dua cara menggesut dengan karet rakel. Yakni antara gesut dorong atau di tarik ke atas bawah secara merata. Jika memang proses gesut sablon ini dapat berjalan lancar. Maka di sini memang bisa dihasilkan cetak sablon yang memang tepat dan sesuai dengan rencana.

  1. Teknik pengeringan

Untuk tahap kelima untuk teknik sablon ini ada teknik pengeringan. Dimana proses pengeringan media bahan sablon yang sudah selesai dikerjakan. Jika bisa dilakukan melalui metode heat press.

  1. Pencucian screen

Pada tahap terakhir dalam proses teknik sablon ini adalah pencucian screen. Dimana teknik ini segera dibersihkan desain warna pada peralatan screen. Agar screen gasa ini sendiri dapat digunakan kembali pada pekerjaan.

Nah, itulah proses kerja sablon manual yang menggunakan screen sablon. Dimana digunakan sebagai perlengkapan lain yang dibutuhkan. Dimana setiap langkah ini pun harus dilakukan secara detail dan cermat. Akan tetapi tentu saja akan sangat menguntungkan jika seluruh proses hasilnya. Maka dapat dikerjakan dengan sebaik mungkin. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin memproses pembuatan kaos sablon. Dengan begitu anda yang tertarik ingin terjun dalam usaha konveksi ini. Dapat gambaran bagaimana teknik sablon itu diterapkan.